Layanan Pemesanan (0341) 466 877 / 0812-3353-4466

Sejarah Pembangunan Masjid Tiban Malang

Sejarah Pembangunan Masjid Tiban Malang

Comments Off on Sejarah Pembangunan Masjid Tiban Malang
3/5 (1)

Selain tempat wisata pemandangan kota Malang juga memiliki tempat wisata religi salah satunya Masjid Tiban ini. Masjid Tiban ini sebenarnya adalah Pondok Pesantren yag bernama Pondok Pesantren Salafiah Bihari Asali Fadlaailir Rahmah yang terletak di Turen. Setelah berkliling wisata di Malang yang memiliki keindahan seperti surga dunia ditambah dengan berkunjung ke wisata yang bernuansa religi. Ketika pembangunan tidak begitu di ketahui oleh masyarakat luas maka dari itu diberi nama Masjid Tiban, dan menurut mitos dibangun oleh jin hanya dalam waktu semalam.

Nama tiban memiliki arti (muncul dengan sendirinya) disebut seperti itu karena masjid ini muncul dengan tiba – tiba ,karena pondok pesantren yang dibanagun oleh kiyai dan para santri pada tahun 1978. Pembangunan masjid tiban malang sendiri tidak didasari dengan artitektur yang mumpuni dibidangnya melainkan hasil dari istikharah pemilik pondok RH Ahmad Baru Mafdloludin Sholeh karena dia bentuk bangunan in menjadi sangat unik dan juga desain pada dindingnya yang merupakan perpaduan China dan Timur Tengah.

Sejarah Pembangunan Masjid Tiban Malang

Proses pembangunannya pun tidak sam dengan pembangunan gedung – gedung lainnya yang menggunakan alat –alat berat melainkan menggunakan tenaga para santri. Juga bahan yang digunakan sangatlah berbeda pembangunan masjid ini menggunakan batu merah yang dipasang dengan adonan dari tanah liat. Dan waktu pembangunannya pun sangat memakan waktu  diperhitungkan selama 30 tahun karena pembangunannya sangat manual dan tida menggunakan alat- alat berat yang murni tenaga para santri pondok. Masjid sekaligus pondok pesantren ini memiliki 10 tingkat yang etia tingkat memiliki tema dan kegunaan yang berbeda.

Lantai 1 terdapat akuarium besar , serta tempat penjualan souvenir.Lantai 2 – 6 di setiap perjalan ke lantai selanjutnya kta akan melihat seni ukiran pada ornament – ornament tertentu dan juga seni kalirafi yang tertempel di sepanjang dinding.Pada lantai 7- 8 kita bisa membeli oleh – oleh khas masjid tiban ini.  Ornamen yang terdapat di Masjid Tiban ini sangat unik dan desain pada dinding keramik masjid ini yang perpaduan antara warna biru dan putih itu menambah kemegahan masjid tersebut.Dan pada puncak masjid ini yaitu pada lantai 9 -10 kita dimanjakan oleh keindahan pemandangan desa yang hijau dari ketinggian puncak masjid tiban.

Tiket Masuk Masjid Tiban Malang

Menurut pengelola atau pengurus pondok pesantren ini pembangunan pada lantai tiga yang dibangun dengan tiang penyangga dari tanah , yang merupakan kekuatan dari masjid ini yang memiliki roh yang menghuni masjid ini. Tak hanya unik dalamya saja tetapi juga luar lingkungan masjid ini juga terdapat kolam renang dan wahana permainan untuk anak – anak, tak hanya itu disini juga terdapat beberapa hewan yang bisa berinteraksi dengan pengunjung seperti kelinci,kijang, monyet dan juga berbgai jenis burung.

Masjid Tiban ini berlokasi di Jl. KH.Wahid Hasyim, Gang Anyar desa Sananrejo Kec Turen Kab Malang Jawa Timur. Jika kalian ingin berlibur kesini jangan kuatir karena HTM masjid ini gratis hanya saja membayar parkir Rp. 5000- 15.000.

Tujuan dibangunnya Masjid Tiban ini selain sebagai tempat ibadah juga pemersatu umat islam dalam mengkaji islam. Karena selain berfungsi sebagai masjid tempat ini juga termasuk pondok pesantren merupakan tempat mempelajari islam. Tak hanya itu sekarang fasilitas di pondok pesantren sekaligus Masjid ini sudah sangat lengkap karena sudah disediakan klinik tempat para santri berobat , atau ketika pengunjung yang mendadak sakit.

Salam RENTAL sewa mobil Malang

sewa mobil di malang sewa mobil murah malang rental mobil malang sewa mobil di malang sewa mobil murah malang rental mobil malang sewa mobil di malang rental mobil malang murah

Please rate this

Related Posts