Layanan Pemesanan (0341) 466 877 / 0812-3353-4466

Kisah Legendaris Danau Ranu Kumbolo

Kisah Legendaris Danau Ranu Kumbolo

Comments Off on Kisah Legendaris Danau Ranu Kumbolo
No ratings yet.

Wisata alam sangat cocok sebagai tujuan wisata untuk menghilangkan kepenatan dan mencari lokasi yang tenang, salah satu caranya ialah dengan mengunjungi tempat yang masih alami dan tidak dipenuhi dengan polusi, berikut ini saya punya rekomendasinya. Tempat ini berada di belakang gunung yakni sebuah danau, danau juga merupakan tempat yang bisa membuat kita menyegarkan kembali pikiran, Danau yang saya ceritakan ialah danau Ranu Kumbolo.

Keindahan danau di yang tepat berada di belakang gunung Sumeru ini pernah terpapar di dalam film 5 cm jika anda pernah menonton film ini pasti tau betapa indah tempat ini. Salah satu moment paling menyenangkan ketika Menikmati matahari terbit di belakang bukit menjulang dengan air yang tenang membuat danau ranu kumbolo ini selalu dibanjiri pengunjung. Khusus untuk pendaki gunung yang ingin mendaki gunung tertinggi di Jawa ini. Rupanya di balik keindahan danau ini, ia memiliki sejarah yang cukup legendaris.

ranu kumbolo

Asal Muasal Ranu Kumbolo

Pada suatu ketika ada seorang suami dan istri yang sangat miskin bernama Marmoyo dan Sawitri. Ketika Sawitri hamil muda, ia sangat ingin makan ikan. Karena tidak punya cukup uang untuk membeli ikan di pasar, Marmoyo pergi ke sungai untuk menangkap ikan. Cukup lama memancing Marmoyo, akhirnya umpan pancing dimakan ikan. Tapi ikan mas yang ditangkap bukan sembarang ikan. Ikan tersebut adalah ikan mas ajaib yang bisa berbicara dan sisiknya bisa berubah menjadi potongan emas.

Marmoyo memutuskan untuk memelihara ikan itu, dan merahasiakannya dari istrinya. Dia menyimpan ikan di laras. Marmoyo pergi ke pasar untuk menjual potongan emas dan membeli minyak sawit untuk memasak. Sementara Sawitri di dalam rumah tidak dapat menahan lapar, melihat saat itu ada ikan di dalam tong Sawitri bergegas langsung menggoreng. Sepulang dari pasar sang suami Marmoyo terkejut, sungguh mengejutkan melihat bahwa ikan itu tinggal kepala dan tulang.

Dia juga memberi tahu istrinya bahwa ikan yang dia makan adalah ikan ajaib. Sawitri mendapat kutukan sampai anak bersisik lahir bernama kumbolo. Kumbolo terlahir menjadi bocah lelaki yang pintar perenang dan mampu menyelam cukup lama di air. Tapi Kumbolo dianggap aneh dan terasing, dan selalu menjadi olok-olok teman-temannya.

Sejarah Ranu Kumbolo

Dahulu kala, ada seekor kucing yang terjebak di tepi sungai. Sebagai raja lintah terima kasih, dia memberi tahu kumbolo bahwa sisik di tubuhnya bisa hilang dengan mutiara pelangi yang merupakan puncak musim panas di puncak gunung. Kisah legendaris Ranu Kumbolo menulis bahwa lele King juga memberikan kumisnya yang bisa berubah menjadi tongkat, sihir cambuk dan bisa berubah menjadi ikat pinggang. Dengan berkah dari orang tua, Kumbolo mengembara ke Gunung Semeru dan ingin menemukan mutiara.

Sesampainya di puncak gunung, Kumbolo berhasil menemukan mutiara. Orang tua Kumbolo khawatir dan menyusulnya, tetapi hanya mencapai lereng, ada tiga anak nakal yang mencuri persediaan mereka dan disesatkan di hutan. Ketika Kumbolo turun gunung dia juga mencegat 3 anak laki-laki nakal dan ingin merebut mutiara pelangi. Perdebatan yang sengit terjadi sampai mutiara jatuh dan runtuh. Ajaibnya tanah runtuh langsung memancarkan pegas besar. Dalam sekejap penyergapan tanah berubah menjadi danau dan ketiga bocah lelaki itu tenggelam di dalamnya.

Sementara Kumbolo berhasil keluar dari danau dan sisiknya menghilang dari tubuhnya. Orang tua Kumbolo yang telah tersesat di hutan berhasil keluar dan melihat keindahan danau (ranu) di tengah deretan pegunungan. Mereka semakin terkejut melihat Kumbolo keluar dari ranu dengan sisik yang bersih. Mereka sangat senang melihat kumbolo telah lolos dari kutukan. Akhirnya danau itu bernama Ranu Kumbolo.

Begitulah kisah Ranu Kumbolo yang terus menurun hingga saat ini. Perlu digaris bawahi bahwa ceritanya adalah kisah yang turun temurun dan masih dipercaya masyarakat sekitar. Jika Anda berniat untuk tur di daerah ini ada beberapa aturan yang tidak boleh dilakukan, dilarang mandi, memancing, dan mencuci di sana.

Sekian informasi seputar ranu kumbolo semoga menambah ilmu dan wawasan untuk pembaca semua, salam – Transuperindo Sewa mobil malangrental mobil malang

Please rate this